Dentist News

Dibalik Gigi Ngilu

Seringkali mengalami gigi ngilu ketika lagi asyik menikmati minuman soda, kopi, es krim maupun makan buah-buahan? Jangan dianggap sepele, bisa jadi gigi ngilu ini pertanda ada masalah pada gigi Anda!

Timbulnya rasa ngilu pada gigi merupakan salah satu tanda bahwa kamu menderita gigi sensitif atau dikenal dentin hipersensitif, dimana rasa ngilu ini dapat terjadi karena adanya suatu rangsangan, rangsangan tersebut dapat berupa suhu, taktil (gesekan), osmotic (tekanan) dan khemis kimia. Berikut tiga masalah yang terjadi dibalik gigi ngilu.

1. Penurunan Gusi

Bukan hanya berat badan yang bisa turun, gusi pun bisa turun tanpa kamu sadari. Kondisi ini membuat permukaan gigi terbuka. Akar gigi sebenarnya dilapisi oleh lapisan cementum. Namun, kebiasaan menggosok gigi yang buruk maupun kebiasaan mengonsumsi makanan es krim dan es batu menyebabkan lapisan tersebut hilang secara perlahan.

Efeknya, dentin gigi akan terbuka dan menyebabkan gigi sensitif terhadap rangsangan tertentu (suhu, gesekan atau kimiawi) yang akhirnya kita

2. Karies Gigi

Sebuah penyakit yang merusak struktur gigi. Karies ditandai dengan adanya lubang pada jaringan keras gigi, dapat berwarna coklat atau hitam. Gigi berlubang biasanya tidak terasa sakit sampai lubang tersebu tbertambah besar dan mengenai persyarafan dari gigi tersebut. Gigi berlubang atau patah menyebabkan gigi kehilangan sebagian strukturnya. Kalau sudah begini, dentin gigi pun menjadi terbuka. Seperti kasus pertama, gigi menjadi sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan. Akhirnya, gigi ngilu sering kali tidak terhindarkan.

3. Tambalan Gigi Rusak

Gigi asli yang kuat saja bisa rusak apalagi ini tambalan gigi. Kalau ingin kuat dan sehat kamu harus perhatikan cara merawat dan konsumsi makanan.J ika tambalan gigi rusak, bagian tepi tambalan yang berbatasan dengan gigi asli bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jika tidak dibersihkan, karies baru di bawah tambalan akan terbentuk. Apabila sudah terjadi, rasa ngilu dan sakit pada gigi tak bisa terhindarkan.

Sebelum mengalami gigi ngilu yang ujung-ujungnya bisa bikin kepala pusing tujuh keliling, perhatikan cara menggosok gigi dan rutin periksa kesehatan gigi ke dokter. Jika kondisi gigi kamu terbukti sensitif dan memiliki tiga kondisi di atas, kamu perlu memilih pasta gigi yang tepat.

Sikat gigi dengan pasta gigi biasa saja tidak cukup untuk membantu meredakan gigi ngilu dan sensitif. Gunakan pasta gigi yang didesain khusus untuk masalah gigi sensitif. Ganti pasta gigi anda dengan Sensodyne. Sensodyne terbukti klinis membantu meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Pasta gigi sensodyne memberikan perlindungan dan dapat di gunakan sebagai pasta gigi harian.

Leave a Reply