Dentist News

8 Pantangan Setelah Membersihkan Karang Gigi

  1. Makanan dan minuman yang terlalu panas

Salah satu hal yang perlu dihindari usai membersihkan karang gigi adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas. Penyebabnya adalah proses bersihan karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya untuk sementara waktu. Karena akar gigi yang biasa ditutupi oleh karang, kini akan lebih terbuka. Sedia gigi akan menjadi lebih sensitif dalam beberapa hari. Selama proses menunggu remineralisasi gigi setelah membersihkan gigi, sehingga Anda akan menemukan lebih banyak makanan dan minuman yang terlalu panas untuk mengegah rasa ngilu di gigi.

  1. Makanan dan minuman yang terlalu dingin

Pikiran setelah membersihkan gigi selanjutnya adalah menghindari makanan dan minuman yang terlalu dingin. Sama dengan makanan yang suhunya terlalu panas, makanan dengan suhu dingin juga bisa mempengaruhi syaraf di gigi yang baru saja membersihkan karangnya. Makanan dan minuman dingin akan meningkatkan gigi pasca makan gigi karang. Syaraf gigi itu salah satu  Struktur Gigi dan Fungsinya  adalah sebagai bagian inti gigi.

  1. Langsung makan setelah scalling

Anda juga menginformasikan untuk menunggu beberapa saat setelah membersihkan karang gigi untuk mengambil sesuatu. Karena biasanya proses membersihkan gigi ada yang menggunakan obat bius atau anestesi. Efek dari anestesi ini adalah mati rasa, dimana rongga mulut tidak akan merasakan apa-apa. Anda tidak bisa merasakan rabaan-rabaan di dalam rongga mulut. Jika efek anestesi belum hilang dan Anda tetap makan, akan meningkatkan tergigit tanpa disengaja. Maka dari itu, tunggu tunggu hingga efek bius hilang.

  1. Makanan yang keras

Selain makanan dengan suhu yang panas dan dingin, pantangan setelah membersihkan karang gigi berikutnya adalah makanan dengan tekstur yang keras. Seperti yang dijelaskan di atas, proses setelah membersihkan karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya dalam beberapa hari. Sehingga mengunyah makanan yang teksturnya keras tidak akan direkomendasikan untuk kondisi tersebut. Hal ini dicemaskan dapat menciptakan rasa tidak nyaman bahkan rasa ngilu. Makanan tekstur lunak juga merupakan salah satu Makanan Untuk Pemakai Behel Pemula.

  1. Tidak minum obat

Setelah membersihkan karang gigi biasanya akan diberikan sejumlah obat pasca scalling. Sebaiknya jangan lupa untuk menonsumsi obat tersebut karena obat ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman bahkan ngilu setelah perawatan scalling gigi.

  1. Makanan kecil yang bisa menusuk-nusuk

Pantangan setelah membersihkan karang gigi yang berkaitan dengan makanan adalah hindari makanan kecil yang remahannya bisa menusuk-nusuk. Beberapa makanan yang dimaksud seperti keripik, jangung goreng, kacang goreng, atau snack lain yang semisal dengan itu. Hal ini dikarenakan makanan kecil dengan tekstur yang menusuk bisa meningkatkan risiko gusi berdarah dan gusi bengkak setelah scalling gigi. Sebaiknya hindari makanan dengan tekstur demikian selama kurang lebih 5 hari setelah scalling gigi.

  1. Merokok

Merokok juga merupakan sebuah pantangan yang wajib dihindari setelah pembersihan karang gigi. Setidaknya hindari rokok selama kurang lebih 72 jam setelah membersihkan karang gigi. Hal ini dikarenakan rokok dapat mengganggu proses penyembuhan jaringan-jaringan gusi. Sehingga rokok dapat dikhawatirkan bisa menciptakan iritasi, bahkan komplikasi. Selain itu rokok juga bisa meningkatkan risiko gigi terserang berbagai infeksi karena perkembangbiakan bakteri.

  1. Tidak menjaga kebersihan rongga mulut

Karang gigi terbentuk dari plak dan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Sehingga akan mengeras dan menempel pada gigi dan menyebabkan berbagai gangguan. Karang gigi adalah rumah bagi bakteri di rongga mulut sehingga akan meningkatkan berbagai risiko gangguan dan penyakit gigi. Maka dari itu, setelah membersihkan karang gigi selalu direkomendasikan untuk mencegah datangnya kembali plak dan karang gigi. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan mulut setiap hari. Setidaknya gosoklah gigi setiap hari secara teratur minimal 2 kali sehari. Selain itu, ada baiknya mengontrol juga kesehatan gigi setiap enam bulan sekali.

Itulah beberapa pantangan yang perlu dihindari. Walau membersihkan karang gigi menghasilkan efek samping, namun hal ini tentu saja tidak membersihkan gigi karang. Hal ini karena  Efek Samping Karang Gigi dapat meningkatkan jumlah rongga mulut. Agar tidak perlu takut untuk mendapatkan  Manfaat Scaling Gigi .

Demikianlah beberapa penjelasan tentang pantangan setelah membersihkan karang gigi yang perlu. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan ragu untuk membersihkan gigi gigi untuk mencegah gangguan gigi dan gusi.

Leave a Reply